Rekomendasi Cat Kayu Rahasia Furniture Terlihat Baru – Pemilihan warna cat kayu mungkin sering dianggap sepele. Padahal penggunaan cat pada kayu bisa juga mempengaruhi tampilan serta keindahan suatu rumah. Suatu keindahan bisa kita dapatkan dengan selalu memperhatikan bagian serat dan juga jenis pada kayu.

 

Tips Memilih Warna Cat Kayu

1. Perhatikan Jenis Kayu

Rekomendasi Cat Kayu Rahasia Furniture Terlihat Baru

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu mengetahui jenis catnya terlebih dahulu.
Karena, tiap kayu memiliki serat dan juga kandungan kimia yang berbeda-beda. Misalnya jati, jenis kayu jati ini memiliki serat dan tekstur yang sangat cantik. Kayu jati akan terlihat lebih baik lagi jika dilapisi menggunakan cat berbahan dasar air, sehingga kecantikannya tetap menonjol dan membuatnya lebih mengkilap.

 

2. Posisi Furniture

Rekomendasi Cat Kayu Rahasia Furniture Terlihat Baru

Letak dan posisi furniture yang di tempatkan pada sebuah ruangan dapat mempengaruhi jenis cat. Contohnya pagar kayu yang sering sekali terkena paparan sinar matahari dan hujan.

Maka pilihlah cat yang cocok. Salah satunya ialah cat waterproof, sehingga membuat pagar tidak mudah lapuk, berjamur, bahkan tumbuh lumut.

 

3. Pilih berdasarkan tingkat transparansi

Rekomendasi Cat Kayu Rahasia Furniture Terlihat Baru

Berdasarkan tingkat transparansinya, cat kayu terdiri atas dua bagian yaitu warna solid dan cat pelitur transparan. Cat kayu solid mempunyai kepekaan yang tinggi sehingga seratnya dapat tertutupi dengan rapat dan sempurna, sehingga cocok untuk melapisi berbagai furniture kayu minimalis maupun modern.

Sementara itu, cat kayu pelitur transparan dapat menambah kilau pada permukaan kayu dan melindungi furniture dari berbagai goresan. Meski dilapisi oleh cat kayu pelitur, serat kayu akan tetap terlihat seperti aslinya.

 

4. Memilih Warna Cat Kayu sesuai Pengaplikasiannya

Sama seperti cat pada umumnya,  untuk pengaplikasiannya cat kayu dapat kita bedakan menjadi dua yaitu menggunakan alat semprot dan kuas. Cat kayu semprot berguna untuk melapisi permukaan furnitur yang memiliki banyak ukiran dan juga bentuk yang rumit.

Hal ini untuk menjangkau celah-celah kecil yang terdapat pada bagian furnitur, agar dapat terlapisi dengan sempurna. Sementara cat kayu yang dioleskan menggunakan kuas akan cocok pada permukaan yang rata.